Tingkatkan Kemampuan, Prajurit KRI Teluk Lada-521 Gelar Latihan Selam

Tingkatkan Kemampuan, Prajurit KRI Teluk Lada-521 Gelar Latihan Selam
Prajurit KRI Teluk Lada-521 dibawah jajaran Satuan Kapal Amfibi Koarmada III tingkatkan kemampuan selam. Foto: Dispen Koarmada III/Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat

Sorong, abadi.co.id - Prajurit KRI Teluk Lada-521 dibawah jajaran Satuan Kapal Amfibi Koarmada III, tetap melaksanakan pembinaan, peningkatan kemampuan dan profesi dengan melaksanakan refreshment kemampuan selam dasar yang dilaksanakan di dermaga Tawiri Ambon, Maluku pada Senin, (1/10/2022). 

Latihan menyelam ini dilaksanakan disela-sela pelaksanaan tugas Operasi Manggala Yudha dibawah kendali Gugus Tempur Laut (Guspurla) Komando Armada III.

"Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuan selam Prajurit KRI Teluk Lada-521, sehingga dapat mendukung pelaksanaan tugas operasi terutama dalam tugas-tugas yang berhubungan dengan kegiatan pengamanan bawah air, SAR dan Pemeliharaan dan pengecekan Badan Kapal Bawah Garis Air," kata Komandan KRI Teluk Lada-521 Letkol Laut (P) Muhamad Faizal Sidik Permana, S.E., M.Tr.Opsla., kepada pewarta. 

BACA JUGA: Badan Keamanan Laut Indonesia dan Turkish Coast Guard Kuatkan Komitmen Kerjasama

Lebih lanjut Komandan KRI Teluk Lada-521 menyampaikan, bahwa penyegaran kemampuan selam dasar tersebut didukung instruktur dari Prajurit Satkopaska, Dislambair  Koarmada III serta Marinir dari Pasmar 3 yang ikut serta dalam pelaksanaan tugas operasi yang sama. 

"Adapun materi yang dilatihkan adalah Bongkar Pasang Alat Selam (Scuba) dan Kemampuan mengambang di air (Water Trappen) serta Prosedur menyelam (Water Entry)," lanjutnya.

Pada bagian lain Komandan KRI Teluk Lada - 521 juga menyampaikan kegiatan latihan seperti ini dilaksanakan secara periodik sesuai dengan arahan dari Panglima Koarmada III Laksda TNI Irvansyah, SH.,CHRMP.,M.Tr.Opsla untuk meningkatkan profesionalisme dan kemampuan sebagai Prajurit Matra Laut yang selalu terjaga dan siap untuk melaksanakan setiap tugas yang diemban. 

"Dimana hal tersebut selaras dengan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dalam rangka pembangunan SDM TNI Angkatan Laut yang unggul," ujar Letkol Laut (P) Muhamad Faizal Sidik Permana memungkasi.